Halaman

Minggu, 07 Februari 2010

Multiple Intelligence dan Daya Ingat

Daya ingat seseorang dapat diidentifikasi melalui multiple intelligence by fingerprint analysis. orang mengingat dan menyimpan informasi di dalam otaknya berupa gambar dan bukan kata-kata. oleh karena itu kita lebih mudah mengingat wajah seseorang dibandingkan namanya. Seringkali kita merasa pernah bertemu dengan orang tersebut tetapi kita lupa akan namanya.

Oleh karena itu ada 2 kecerdasan yang berpengaruh dalam membantu individu untuk mengingat. Kecerdasan yang menciptakan gambar atau kecerdasan imajinasi dan kecerdasan visual yang mengingat dalam bentuk gambar. Individu yang kecerdasan imajinasi dan visualnya berada pada ranking 1 sampai dengan 7 adalah individu yang memiliki daya menyimpan informasi dengan jauh lebih baik.

Manakala kita diminta untuk melakukan visualisasi atas tujuan kita maka tidak semua orang bisa melakukan permintaan ini. Orang dengan daya imajinasi yang baik akan lebih mudah menciptakan gambaran mental di dalam benaknya. Individu ini juga dapat membayangkan bagaimana belajar suatu mata pelajaran yang telah dipelajarinya dan menciptakan di dalam mimpinya, seakan2 dia belajar berulang-ulang atas materi yang dipelajarinya. Bila anda tahu kecerdasan anda maka anda dapat memanfaatkan kecerdasan ini untuk mengoptimalkan tindakan anda.

Lalu bagaimana dengan orang yang kecerdasan imajinasi dan visualnya tidak terlalu tinggi. Individu ini perlu memanfaatkan kecerdasan reasoningnya atau yang lebih tinggi dengan menggunakan asosiasi. Sehingga manakala ia melihat sesuatu maka ia menghubungkan dengan apa yang pernah dipelajarinya. Bagi seorang siswa maka untuk menghafalkan rumusan sinus cosinus... dapat menggunakan hukum pitagoras atau ia dapat mengingat angka 3 , 4, 5 bila rumusnya lupa.

Langkah lain bisa dibuat adalah dengan membuat catatan dan memiliki kebiasaan untuk menyelesaikan persoalannya dengan tanpa menunda. Sesungguhnya yang membawa diri manusia sukses adalah kebiasaan yang diciptakannya melalui tindakan yang dilakukan berulang-ulang atau secara konsisten. Bukanlah yang sesekali yang engkau lakukan yang dapat membuat dirimu berbeda tetapi yang engkau lakukan setiap harilah yang menjadikan dirimu berbeda.

Salam sukses selalu

Drs.Psi.Reksa Boeana
Executive Partner Smart Business Solution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar